Cara Rewrite Artikel yang Baik dan Benar Untuk Blog Pemula

Menulis kembali dalam bahasa inggrisnya "rewrite", tentu cara seperti ini sudah tidak asing lagi dilakukan didunia blogger, tapi saya sendiri punya pendapat dari platform lain seperti youtube juga sama ternyata membuat kembali video yang sudah ada, dalam artian konteks tujuan sama namun berbeda cara membawakannya atau menyampaikannya.

Bagi yang saat ini mulai terjun menulis di blog maka saran saya untuk menggunakan cara ini, agar anda tidak kesulitan untuk menulis konten yang akan dibahas pada blog anda, cara menuliskan ulang dari artikel yang anda dapatkan syaratnya harus memahami terlebih dahulu tentang SEO dan dalam penulisan juga harus memahami isi dari artikel tersebut.

Ada beberapa kesalahan yang dilakukan oleh para pemula, yang melakukan tulis ulang artikel, dengan kesalahan ini maka kemungkinan besar artikel yang anda tulis akan sulit tampil pada mesin pencari, ada tools yang bisa cek artikel tersebut plagiat atau original.

Tapi jika anda menulis ulang dengan kata-kata anda sendiri sudah tidak perlu lagi untuk di cek keaslianya karena sudah dipastikan semuanya original dan unik. Berbeda dengan anda copy paste langsung artikel orang lain misalnya anda copy isi berita milik kompas.com lalu di edit sedemikian rupa agar terlihat original, dan itu mesti dicek terlebih dahulu di tools plagiat atau original.

Saya sendiri sebagai admin blogbebas.com, banyak sekali pengalaman mengutip atau merangkum dari artikel menarik untuk dibahas dan sumbernya dari berbagai platform seperti youtube juga bisa jadi sumber bagi saya.

Kali ini saya ingin sekali membagikan cara menulis ulang (rewrite) terinspirasi dari video di youtube yang saya pikir satu dengan yang lain memiliki materi yang sama tidak ubahnya blog yang berbentuk tulisan. Tidak hanya itu saya juga mesti mengumpulkan sumber lain yang dapat dipercaya seperti blog milik mas timon misalnya ini cukup bagus juga memberikan pengertian pada saya, yang sering menggunakan cara ini untuk mengisi blog.

Cara Rewrite artikel yang Baik dan Benar Untuk Blog Pemula

1. Cari artikel pada mesin pencari google terlebih dahulu

Hal ini bisa anda lakukan jika ide sudah muncul dalam pikiran anda, saran dari saya segerakan menulis jangan menunda karena pengalaman saya jika tidak lekas ditulis akan buyar akibatnya tidak bisa memberikan tulisan yang baik dan terkesan banyak copy pastenya ketimbang pengembangan dari cara sendiri.

Jika judul sudah ada ditangan, maka carilah artikel yang serupa dengan apa yang anda akan tulis, saran mas timon buka beberapa blog yang terkait artikel tersebut, demikin juga yang saya lakukan, kenapa karena beberapa blog yang lain menjadi literasi atau pembanding dan memperbanyak informasi yang kita ketahui dari judul artikel tersebut.

Membaca dan memahami isi artikel yang terkait itu wajib hukumnya bagi penulis ulang karena jika hal ini dilewatkan maka bersiap lah artikel yang anda tulis akan ngawur, karena pemikiran anda kurang cukup untuk menguraikan maksud dan tujuan dari artikel tersebut.

2. Mengunakan metode bookmark atau berlanganan artikel

Seperti yang saya lakukan ada beberapa blog hebat yang saya bookmark dan laganan artikel istilah di youtube nya subscribe begitu gampangnya. Ini penting kenapa karena bagi saya mereka lah sumber artikel terbaik dan tempat belajar yang tepat. Menulis ulang artikel itu hal yang hampir mirip dengan menciptakan artikel baru jika semua dilakukan dengan cara dan gaya anda sendiri, coba perhatikan tulisan ini dengan suber aslinya yang menjadi inspirasi saya.


3. Kata pengantar artikel 

Nah kalo untuk kasus ini anda harus benar-benar kreatif masa isi artikel dapat copy paste dan kata pembuka juga anda lakukan dengan cara yang sama, kalo hal ini sampai dilakukan saya yakin anda selamanya tidak akan bisa berkembang untuk membuat artikel karya anda sediri, karena bagi saya artikel orang lain itu adalah sumber kekayaan yang bisa anda gali agar pola pikir menjadi kaya dan berkembang.

Dan saya yakin jika anda sudah mulai melakukan atau menulis pembuka dengan karya sendiri ini adalah titik awal dari kesuksesan anda untuk mengarang tulisan dan menulis ulang jauh lebih baik lagi.

4. Isi artikel yang ditulis ulang

Nah ini yang paling penting adalah point artikel, hati-hati menuliskan ulang artikel yang berbau tutorial, untuk menghidari kesalahan yang fatal maka anda bisa melakukan baca lebih jelas lagi isi artikel tersebut hingga paham, karena memang harus berbeda dengan artikel aslinya, kalo penulisanya sama walaupun diketik ulang ya sama saja copy paste namanya.

Agar tidak sama dengan yang aslinya misal contoh tutorial tersebut membahas "5 cara merubah tampilan blog". Anda bisa mengambil point tersebut dari misal acak nomer lima mejadi nomor satu, nomor satu bisa jadi nomor dua, hal ini bisa membuat artikel anda menjadi unik, lain lagi jika anda bukan pemula maka akan bisa hampir seratus persen berbeda kendati urutan poinnya sama.

Dengan pola mengacak poin yang ada maka saya yankin pada artikel yang anda tulis selanjutnya akan terlihat lebih alami, karena anda terbiasa mengarang kata hingga membuat kata tesebut nyambung.

Apa sampai disini sudah paham tentang artikel hasil tulis ulang (rewrite)? Jika belum mari kita lanjutkan membahasnya.

5. Terakhir bagian penutupan artikel

Pada bagian ini usahakan sama seperti poin menulis pembuka artikel, jangan copy paste secara mentah dan nanti di edit, jika anda sudah memahami isi artikel yang anda tulis ulang maka kesimpulan yang dibuat sendiri akan tercipta dengan bagus. Berbeda dengan anda yang sama sekali tidak memahami betul isi artikel yang anda tulis maka penutupan artikel juga tidak bagus.

Jika masih bingung anda bisa melirik artikel aslinya untuk membuka pikiran anda agar bisa improvisasi jika dirasa buntu untuk menuliskan kata penutup cara ini manjur untuk anda coba lakukan.

Itulah Cara Rewrite artikel yang Baik dan Benar Untuk Blog Pemula.

Saya sendiri termasuk orang yang tidak memiliki kosa kata yang banyak pada akhirnya saya bingun untuk mencurahkan ide dalam tulisan, hal ini saya lakukan bukan utuk sepanjang saya ngeblog karena menulis ulang bagi saya adalah proses belajar untuk membuat artikel secara mandiri.

Ingat artikel orang lain bagi saya adalah mentor terbaik dan bagi anda apa? silakan tinggalkan komentar jika anda memiliki tambahan yang cocok dengan artikel kali ini..

sekali lagi terima kasih mastimon.com dan blogger-blogger lain yang tidak saya sebutkan semuanya saya anggap anda mentor terbaik.

0 Response to "Cara Rewrite Artikel yang Baik dan Benar Untuk Blog Pemula"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel